Jika online ini. Namun, banyak sekali pro

Jikakita mendengar kata “Transportasi Online” tentu sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Cara menggunakan Transportasi Online sendiri dengan menggunakanaplikasi uber,gojek atau grab.

Transportasi online sangat mudah untukdigunakan, karena jika ingin menggunakan hanya membuka aplikasi di gadget dantidak perlu mencari keberadaan pengemudi, karena pengemudi akan menjemput dilokasi yang telah kita kirimkan. Dengan harga yang murah, transportasi onlinejuga tidak hanya memberi jasa mengantar jemput, melainkan pengiriman barang,makanan, membersihkan rumah, bahkan pijat refleksi sehingga membuat banyakmasyarakat yang menggunakan transportasi online ini.            Namun, banyak sekali pro dan kontrapada transportasi online. Memang benar, banyak sekali respon yang baik terhadapkehadiran transportasi online ini. Dengan kehadiran tranportasi online tentu membukabanyak lowongan pekerjaan. Tetapi tidak sama halnya dengan transportasi umum,layaknya ojek pangkal, mereka merasa sangat dirugikan dengan kehadirannyatransportasi online.

We Will Write a Custom Essay Specifically
For You For Only $13.90/page!


order now

Para ojek pangkal pun merasa tersaingi bahkan tidak bisamenyaingi transportasi online ini. Sehingga, banyak unjuk rasa penolakan atastransportasi online sampai-sampai menggunakan kekerasan. Banyak sekalikekerasan yang telah terjadi terhadap transportasi online yang dilakukan olehpara ojek pangkal yang tidak bisa menyaingi keberadaan transportasi online. 1 Dewi,2016 melansirkan yangmembuat aturan dan hukum adalah pemerintah. Dia turut menyebut justru dengankehadiran Go-jek dan perusahaan startup sejenis membantu pemerintah menciptakanlapangan pekerjaan.”Saya kembalikan kepada masyarakat selaku pengguna,apakah mereka ingin Go-Jek ditutup atau tidak. Pemerintah atau pejabat yangberwenang terhadap masalah ini juga perlu membuat kajian apakah transportasiberbasis online memberikan banyak manfaat atau malahmerugikan”.

Tetapi, sedikit demi sedikit banyak para ojek pangkal maupun supirumum yang tidak berbasis online pindah ke transportasi online, namun masihmenyisakan banyak.             Dengan kehadiran transportasi onlinepun dapat mempercepat tingkat inklusi keuangan Indonesia. 2Rahman,2017 melansirkan Kehadiran transportasiberbasis aplikasi dinilai turut berperan terhadap penetrasi inklusi keuangan dimasyarakat. Ketua Pusat Kajian KomunikasiDepartemen Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Indonesia (Puskakom UI) InayaRakhmani mengatakan berdasarkan studi sebagian besar mitra pengemudi akhirnyabisa mendapat akses finansial setelah bergabung dengan perusahaan aplikasitransportasi. Tingkat inklusi keuangan di kalangan mitra pengemudi meningkatkarena setiap mitra wajib memiliki akun bank jika ingin bergabung. Bahkanbeberapa waktu lalu Gojek bekerjasama dengan PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN)agar mitra pengemudinya dapat membeli rumah.             Memangseharusnya transportasi online didukung oleh masyarakat penuh. Dengan mengikutiperkembangan zaman, seharusnya transportasi online menjadi sesuatu hal yanglazim digunakan oleh masyarakat tetapi masih saja menimbulkan dilema yang luarbiasa hingga menimbulkan aksi demonstrasi dan megancam keberadaan supir yangtidak berbasis online.

3 Pasha,2017 melansirkan AKSI demonstrasi yang dilakukan pengendara transportasikonvensional di halaman Kantor Gubernur Aceh berhasil menyedot perhatianpublik. Ratusan pendemo yang terdiri atas awak becak, sopir labi-labi, sopirtaksi, dan angkutan umum L-300 menyampaikan penolakan kehadiran transportasionline yang telah beroperasi beberapa bulan di Aceh (Serambi, 16/10/2017).Kehadiran transportasi berbasis aplikasi online saat ini seiring denganperkembangan teknologi, memang menjadi dilema tersendiri.

Di satu sisi, ongkosyang murah dan kemudahan aksesnya dinilai memudahkan mobilisasi masyarakat ditengah kenyataan sarana transportasi publik yang disediakan pemerintah belummampu menghadirkan kenyamanan, bahkan sama sekali tidak menjadi jalan keluaratas kebutuhan transportasi masyarakat. Di sisiyang lain, kehadirannya juga dianggap mengancam eksistensi transportasikonvensional yang telah beroperasi lama di berbagai daerah di Indonesia. Dalamhal aksi penolakan, Indonesia sebenarnya tidak sendirian. Beberapa negaraseperti Brazil, Inggris, Canada, China, ikut menolak kehadiran transportasionline dengan berbagai alasan. Di Indonesia sendiri, penolakan muncul karenakeberadaan transportasi tersebut dianggap telah mengusik kenyamanan dankesejahteraan pengemudi konvensional.            Padaakhirnya, kehadiran transportasi online saat ini sangat banyak memberikandampak positif terhadap masyarakat dan masyarakat pun memberikan respon yangpositif atas kehadiran tranportasi online.

Bahkan dengan kehadiran transportasionline juga dapat mempercepat inklusi keuangan Indonesia juga memberikan banyakpeluang pekerjaan untuk masyarakat Indonesia.            Memangbenar, kehadiran transportasi online sangat meresahkan para transportasikonvensional. Namun, seperti yang kita ketahui tranportasi online sendirimemberikan banyak dampak positif. Untuk menghilangkan keberaaan transportasionline pun merupakan suatu keputusan yang sangat berat. Sehingga, untuk saatini keberadaan transportasi online tidak dapat dihapuskan

x

Hi!
I'm Ruth!

Would you like to get a custom essay? How about receiving a customized one?

Check it out